Harlena, Desi and Danim, Sudarwan and Sumarsih, Sumarsih (2024) IMPLEMENTASI LITERASI MEMBACA DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA KELAS III DI SD NEGERI 49 KAUR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
DESI HARLENA BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - Desi Harlena.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan 1) jenis program literasi membaca; 2) pelaksanaan program literasi membaca; 3) hambatan pelaksanaan program literasi membaca 4) Upaya mengatasi hambatan pelaksanaan program literasi membaca di SDN 49 Kaur kelas III. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu 1) SDN 49 Kaur telah menerapkan program literasi dengan kegiatan program membaca 15 menit, pojok baca, membaca di perpustakaan dan pembuatan majalah dinding; 2) Pelaksanaan program literasi yang dilakukan di SDN 49 Kaur meliputi kegiatan pembiasaan membaca selama 15 menit, kegiatan menanggapi buku pengayaan, pemahaman strategi membaca; 3) Hambatan dalam pelaksanaan program literasi membaca di SDN 49 Kaur yaitu rasa malas siswa, saran- prasarana, dan kurangnya motivasi membaca; 4) Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan literasi membaca di SDN 49 Kaur yaitu dengan cara menggunakan strategi baru, menambah buku bacaan baru serta memberikan motivasi melalui orang tua dan guru. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan literasi membaca memiliki dampak positif terhadap minat baca SDN 49 Kaur kelas III. Kata Kunci : Literasi membaca, minat baca
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 07:10 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 07:10 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22924 |
Actions (login required)
View Item |