Hayadi, Firman and Danim, Sudarwan and Sumantri, Manap (2024) MANAJEMEN PEMBELAJARAN GURU KELAS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 75 KABUPATEN KAUR PROVINSI BENGKULU (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
FIRMAN HAYADI BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - midarmi Taher.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran guru kelas di sekolah dasar negeri 75 kabupaten Kaur propinsi Bengkulu. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah dan guru kelas di sekolah dasar Negeri 75 Kaur. Data penelitian didapatkan dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas di sekolah dasar Negeri 75 Kaur telah menerapkan prinsip-prinsip manajemen pembelajaran dengan baik, namun masih terdapat beberapa komponen yang perlu dikembangkan untuk peningkatan kualitas manajemen pembelajaran, diantaranya pengembangan variasi metode atau model pembelajaran, variasi media pembelajaran dan peningkatan kualitas instrumen evaluasi pembelajaran. Saran penelitian yaitu guru kelas diharapkan dapat selalu berupaya memperbaharui dan mengembangkan rencana pembelajaran dengan lebih terstruktur dan terukur, selain itu guru kelass diharapkan dapat menggunakan beragam metode dan pendekatan pembelajaran serta dapat melakukan refleksi terhadap praktik pembelajaran yang dikelolanya secara teratur dan bersedia untuk terbuka terhadap umpan balik dari rekan sejawat dan kepala sekolah. Kata Kunci: manajemen pembelajaran, guru kelas, sekolah dasar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 07:10 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 07:10 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22925 |
Actions (login required)
View Item |