IDENTIFIKASI MODAL SOSIAL DALAM PENINGKATAN MUTU MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KABUPATEN KAUR PROVINSI BENGKULU

Haryanto, Haryanto and Danim, Sudarwan and Somantri, Manap (2024) IDENTIFIKASI MODAL SOSIAL DALAM PENINGKATAN MUTU MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KABUPATEN KAUR PROVINSI BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
HARYANTO BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - Histi Maryani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan modal sosial dalam peningkatan mutu Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, staf dan tokoh masyarakat di MTs Negeri 1 Kabupaten Kaur. Data penelitian didapatkan dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa modal sosial yang mencakup kepercayaan, norma, dan jaringan sosial, memainkan peran krusial dalam meningkatkan mutu Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kabupaten Kaur. Kepercayaan dan kerjasama antara berbagai pemangku kepentingan, seperti guru, orang tua siswa, dan komunitas sekolah, memiliki dampak positif terhadap pembelajaran dan lingkungan sekolah. Atas dasar hasil penelitian, diisarankan bahwa sekolah perlu merancang program-program pendidikan yang lebih terfokus pada pemanfaatan modal sosial. Mendorong inisiatif yang melibatkan komunitas lokal, membangun kerjasama yang erat dengan guru, dan memastikan transparansi dalam pengelolaan sekolah. Kata Kunci: identifikasi, modal sosial, mutu

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 23 Oct 2024 07:11
Last Modified: 23 Oct 2024 07:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22926

Actions (login required)

View Item View Item