Oktafiani, Mutia and Danim, Sudarwan and Connie, Connie (2024) EVALUASI IMPLEMENTASI TATA TERTIB SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMP NEGERI 23 BENGKULU SELATAN. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
MUTIA OKTAFIANI A2K022014 - Mutia Oktaviani.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan disiplin dan hambatan yang dialami melalui implementasi tata tertib sekolah di SMP Negeri 23 Bengkulu Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini diperoleh melalui pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan disiplin siswa melalui implementasi tata tertib sekolah adalah pembiasaan tata tertib sekolah kepada siswa yang berkaitan dengan hal masuk sekolah, kewajiban siswa, larangan siswa, hal pakaian dan sanksi, guru menjadi model sehingga siswa meniru apa yang dilakukan guru, dan mengkondisikan siswa untuk mematuhi tata tertib sekolah serta memberikan teguran dan sanksi bagi siswa yang melanggar tata tertib sekolah.. Hambatan yang ditemui adalah guru yang tidak tega dalam memberikan hukuman kepada siswa, kurangnya kesadaran siswa untuk mematuhi tata tertib sekolah, kurangnya perhatian dan kepedulian orang tua kepada anak, serta ekonomi keluarga yang rendah. Kata Kunci : Kedisiplinan siswa, Implementasi tata tertib
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 07:11 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 07:11 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22931 |
Actions (login required)
View Item |