Wahyuni, Seri and Danim, Sudarwan and Sumarsih, Sumarsih (2024) KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DI PAUD ARIYA KABUPATEN KAUR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
SERI WAHYUNI BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - Neta Hesni.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kompetensi manajerial kepala sekolah PAUD Ariya kabupaten Kaur. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian berupa kepala sekolah, guru, dan orang tua peserta didik di PAUD Ariya Kaur. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, lalu dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah PAUD Ariya secara konsisten telah menunjukkan kompetensi yang baik dalam aspek manajerial, termasuk perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, dan pengembangan sumber daya manusia. Mereka juga aktif menerapkan strategi manajemen efektif untuk memastikan operasional harian yang lancar dan efisien serta membangun kerjasama erat dengan berbagai pihak terkait. Upaya pengembangan diri juga telah dilakukan melalui partisipasi dalam seminar, workshop, dan pelatihan terkait manajemen pendidikan, kepemimpinan, serta inovasi dalam pembelajaran anak usia dini. Saran penelitian mencakup dorongan terus-menerus bagi kepala sekolah untuk pengembangan diri, khususnya dalam keterampilan manajerial dan kepemimpinan, serta dukungan untuk program pelatihan dan pengembangan bagi guru guna memanfaatkan teknologi dan informasi lebih efektif dalam pembelajaran di PAUD Ariya. Kata Kunci: kompetensi manajerial, kepala sekolah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 07:12 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 07:12 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22933 |
Actions (login required)
View Item |