Ariani, Farida and Connie, Connie and Kartiwi, Asti Putri (2024) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DI SD 09 KEPAHIANG. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
TESIS FARIDA BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - farida ariani.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi aktual kepemimpinan kepala sekolah saat ini di SD 09 Kepahiang, Mendeskripsikan bagaimana peran kepemipinan dalam meningkatkan kedisiplinan guru di SD 09 Kepahiang, mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di SD 09 Kepahiang, dan Mendeskripsikan hambatan dan solusi kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di sd 09 kepahiang. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru-guru di SD Negeri 09 Kepahiang. Hasil penelitian menunjukan kondisi aktual kepemimpinan kepala sekolah tergambarkan dalam bagaimana kepala sekolah membangun komunikasi yang baik dengan seluruh warga sekolah, menunjukan karakter tegas dan berwibawa namun bukan menunjukan kepemimpinan yang otoriter dan bagaimana kepala sekolah mampu melibatka guru-guru dalam setiap proses pengambilan keputusan untuk kepentingan sekolah. Secara keseluruhan peran kepala sekolah memiliki arti yang penting dalam pengembangan lingkungan sekolah. Kepala sekolah mampu memberikan bimbingan dalam bentuk supervisi kepada guru-guru. Dukungan kepala sekolah tersebut akan membuat motivasi guru-guru meningkat dalam melaksanakan tupoksinya. Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin guru adalah melalui program peningkatan disiplin. Kepala sekolah juga mendorong terbentuknya budaya disiplin positif disekolah. Seluruh strategi kepala sekolah ini sangat didukung oleh guru-guru meskipun masih ada beberapa orang guru yang belum bisa menerapkan budaya disiplin dilingkungan sekolah. hambatan penerapaan program disiplin ternyata muncul dari guru-guru itu sendiri sehingga yang harus diberikan pembinaan khusus adalah guru-guru. Kepala sekolah belum mampu merancang tindak lanjut dari penerapan program disiplin. Tindak lanjut ini merupakan hal yang penting untuk keberlangsungan penerapan program disiplin disekolah. Saran disampaikan kepada guru dan kepala sekolah untuk terus berkomitmen dalam mengimplementasikan program disiplin disekolah. Kata kunci : Displin, Guru, Peran Kepala Sekolah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 07:12 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 07:12 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22936 |
Actions (login required)
View Item |