STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN MENGAJAR GURU DI SD NEGERI 45 BENGKULU TENGAH (Studi Deskriptif Kualitatif di SD Negeri 45 Bengkulu Tengah)

Kusnadi, Kusnadi and Sasongko, Rambat Nur and Kartiwi, Asti Putri (2024) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN MENGAJAR GURU DI SD NEGERI 45 BENGKULU TENGAH (Studi Deskriptif Kualitatif di SD Negeri 45 Bengkulu Tengah). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS KUSNADI BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - Kusnadi 123.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru dalam mengajar di SD Negeri 45 Bengkulu Tengah. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data utama adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menggunakan beberapa strategi yang efektif untuk meningkatkan kedisiplinan guru: Pertama, kepala sekolah mewajibkan seluruh guru menyiapkan rencana pembelajaran dan mengadakan pelatihan agar guru mempunyai wawasan dalam membuat rencana pembelajaran. Kedua, kepala sekolah selalu memantau kegiatan belajar mengajar, dengan melakukan supervisi kelas, memberikan teguran dan sanksi bagi guru yang tidak hadir tanpa izin. Ketiga, kepala sekolah mewajibkan guru melaksanakan evaluasi formatif, ujian harian, ujian Tengah semester dan ujian akhir. Keempat, kepala sekolah memberikan penghargaan dan pengakuan kepada guru yang menunjukkan kedisiplinan yang baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi kepala sekolah yang efektif dalam meningkatkan disiplin guru meliputi pemantauan kegiatan belajar mengajar, pelatihan khusus, penghargaan, kebijakan yang konsisten dan penerapan sanksi yang proporsional terhadap pelanggaran disiplin. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya peran kepala sekolah dalam menciptakan lingkungan sekolah yang disiplin. Kata kunci : Sekolah Dasar, Strategi Kepala sekolah dan Disiplin Guru

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 23 Oct 2024 07:12
Last Modified: 23 Oct 2024 07:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22937

Actions (login required)

View Item View Item