Sahara, Mella and Sasongko, Rambat Nur and Kartiwi, Asti Putri (2024) STUDI KOMPARATIF PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMP NEGERI 31 BENGKULU UTARA DAN SMP NEGERI 6 BENGKULU UTARA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
TESIS MELLA bebas perpustakaan unib - mella saharaa.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan pengelolaan pembelajaran Bahasa Inggris antara SMP Negeri 31 Bengkulu Utara dan SMP Negeri 6 Bengkulu Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbandingan pengelolaan pembelajaran bahasa Inggris d di SMP Negeri 31 Bengkulu Utara dan SMP Negeri 6 Bengkulu Utara. Pertama, perencanaan pembelajaran dilakukan dengan baik oleh kedua sekolah, dalam membuat RPP berpatokan kepada silabus berskala nasional. Perbedaannya SMP Negeri 31 Bengkulu Utara masih menggunakan kurikulum 2013 sedangkan SMP Negeri 6 Bengkulu Utara sudah menggunakan Kurikulum Merdeka dan di Kurikulum Merdeka terdapat komponen yang membahas profil Pancasila di RPP. Kedua, pelaksanaan pembelajaran dilakukan sesuai dengan apa yang telah dibuat di RPP ada pendahuluan, isi dan penutup. Perbedaannya Guru Bahasa Inggris kelas VIII di SMP 06 lebih kreatif dalam memilih bahan ajar dan media. Ketiga, kedua guru melakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil belajar siswa. Adapun yang dievaluasi seperti penilaian kinerja anak, aspek sikap dan aspek pengetahuan. Tahapan yang dilakukan saat evaluasi yaitu penilaian (pemberian test kepada siswa), pengayaan (bagi siswa yang belum memenuhi target penilaian akan diberi materi pelajaran kembali) dan remedial (dilakukan test ulang). Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru untuk meningkatkan manajemen kinerjanya secara maksimal, kreatif dan inovatif mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan monitoring pembelajaran sehingga mata pelajaran bahasa Inggris menjadi mata pelajaran yang menyenangkan. Kata Kunci: Bahasa Inggris, Komperatif, Pengelolaan Pembelajaran, Tahap Pengelolaan Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 07:13 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 07:13 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22939 |
Actions (login required)
View Item |