STRATEGI PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN UNTUK MENDUKUNG PROSES BELAJAR SISWA SD NEGERI 74 KOTA BENGKULU

Angelia, Silfira Yuni and Sasongko, Rambat Nur and Kristiawan, Muhammad (2024) STRATEGI PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN UNTUK MENDUKUNG PROSES BELAJAR SISWA SD NEGERI 74 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
Tesis Silfira Yuni Angelia - silfira angelia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi engelolaan sarana Dan Prasarana meliputi strategi perencanaan, pengadaan, pendistribusian, penggunaan dan pemeliharaan, inventarisasi dan penghapusan, factor penghambat dan pendukung. penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 74 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, koordiantor, dan guru. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dalam proses pembelajaran di SD Negeri 74 Kota Bengkulu bahwa strategi pengelolaan sapras yang dimaksud sudah diterapkan mencakup ketersediaan sumberdaya manusia yang berkompeten dibidangnya dengan memperhatikan prosedur pengelolaan dan prinsip-prinsip dasar pengelolaan sapras sehingga proses pembelajaran di SD Negeri 74 Kota Bengkulu mampu meningkatkan mutu hasil belajar siswa secara efektif dan efisien sesuai dengan aspek pengelolaan sapras meliputi perencanaan, pengadaan, pendistribusian, penggunaan dan pemeliharaan, inventarisasi dan penghapusan, factor penghambat dan pendukung. Kata Kunci : Strategi, Pengelolaan, Sarana dan prasarana

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 23 Oct 2024 07:13
Last Modified: 23 Oct 2024 07:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22941

Actions (login required)

View Item View Item