PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KESUKSESAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PADA PT GLOBAL JET CARGO BENGKULU

Imam, Muhammad Dias and Willy, Abdillah and Rina, Suthia Hayu and Fahruzzaman, Fahruzzaman (2023) PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KESUKSESAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PADA PT GLOBAL JET CARGO BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skrips - Imam Dias - Imam Dias.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Sistem Informasi Manajemen (SIM) sudah banyak digunakan dikalangan perusahaan. SIM digunakan dalam upaya menunjang dan mempermudah pekerjaan manusia dengan menggunakan automasi komputer yang terintegrasi. Pada perusahaan jasa seperti PT Global Jet Cargo yang bergerak dibidang pengiriman cargo atau logistik, SIM digunakan dalam bentuk aplikasi untuk alasan operasional seperti processing barang, melakukan proses loading�unloading barang, melakukan penjemputan dan pengantaran barang, hingga pekerjaan front office seperti membuat pesanan, tracking paket, melihat estimasi waktu sampai, dan layanan kostumer. Aplikasi SIM ini sudah dirancang untuk melakukan perintah sedemikian rupa dalam konteks pekerjaan. SIM tidak sepenuhnya otomatis karena dalam pengoperasiannya masih membutuhkan tenaga manusia. Dua faktor ini (manusia dan mesin) telah banyak dipelajari dalam berbagai literasi khususnya pada penelitian milik DeLone dan McLean (1992) yang menjadi model utama pada penelitian ini. Model kesuksesan sistem informasi milik DeLone dan McLean adalah model rangkaian pengukur alasan-alasan pokok kesuksesan Sistem Informasi Manajemen (SIM) itu sendiri. Model ini digunakan untuk mengukur kesuksesan SIM dengan mendorong penggunanya untuk mengoperasikan dan mengevaluasi SIM berdasarkan rasa puas atau tidaknya pengguna terhadap hasil/output yang dihasilkan oleh SIM dengan tujuan untuk mengetahui apakah SIM secara informasional dan sistematikal berpengaruh terhadap pekerjaan penggunanya dan apakah pengaruh ini secara kolektif dapat berpengaruh positif terhadap kinerja organisasional. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Kepuasan Pengguna yang dipengaruhi oleh variabel yakni Kualitas Sistem. Kualitas Informasi, dan Kegunaan yang dirasakan pada SIM PT Global Jet Cargo Bengkulu. Model kesuksesan Sistem Informasi milik DeLone dan McLean (1992,2002,2003) mendorong para pengguna sistem untuk menggunakan dan mengevaluasi sistem informasi ini berdasarkan rasa puas atau tidaknya pengguna terhadap output sistem informasi yang ditawarkan. Beberapa faktor yang mempengaruhi Kepuasan Pengguna ini diantaranya yaitu Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kegunaan yang dirasakan (Schaupp, 2010). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner secara online dengan menggunakan google form. Penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan convenience sampling sebagai metode pengambilan sample dengan alasan ketersediaan elemen dan kemudahan untuk mendapatkan sample. Kuesioner mendapatkan 95 responden yang terdata sebagai karyawan/i pada PT Global Jet Cargo. Kemudian data yang diperoleh tersebut dianalisis dengan metode Partial Least Square dengan bantuan program SMART PLS 3.0 for window Hasil dari penelitian ini menunjukan fakta bahwa 1) Pengaruh Kualitas Sistem (System Quality) terhadap Kepuasan Pengguna (User Satisfaction) yaitu semakin tinggi kualitas sistem informasi manajemen maka semakin meningkatkan kepuasan pengguna. 2) Pengaruh Kualitas Informasi (Information Quality) terhadap Kepuasan Pengguna (User Satisfaction) yaitu kualitas informasi tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna yaitu karyawan/i dan staff PT Global Jet Cargo Bengkulu karena informasi yang didapat dan dihasilkan masih memiliki tingkat kesuksesan yang rendah sehingga tidak menentukan kepuasan pengguna. 3) Pengaruh Kegunaan yang dirasakan (Perceived Usefulness) terhadap Kepuasan Pengguna (User Satisfaction) yaitu Kegunaan yang dirasakan oleh pengguna sistem informasi manajemen memang memilik peran yang sangat penting dalam menentukan Kepuasan pengguna (User Satisfaction). Saran praktis pada penelitian ini yaitu perusahaan mengadakan pelatihan untuk para pengguna sistem agar pemahaman tentang pengoperasian dan pembaharuan fitur dalam sistem ini menjadi optimal serta karena kondisi industry yang terus bekembang diperlukan pembaruan sistem guna semakin mudah digunakan serta dapat bersaing dengan competitor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 23 Oct 2024 07:51
Last Modified: 23 Oct 2024 07:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22948

Actions (login required)

View Item View Item