PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK DIGITAL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DI SEKOLAH DASAR

Sriyanti, Atika and Muktadir, Abdul and Susanta, Agus (2024) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK DIGITAL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
ATIKA BEBAS PERPUS UNIB-dikompresi - Atika Sriyanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pop up book digital berbasis discovery learning untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi di sekolah dasar. Penelitian dilakukan di SDN 01 Bengkulu Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reseach and Development) dengan model ADDIE. Obyek penelitian adalah media pembelajaran pop up book digital berbasis discovery learning pada pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis teks deskripsi puisi. Instrumen yang digunakan yaitu angket uji kelayakan dan angket uji respon guru dan peserta didik. Uji kelayakan dilakukan oleh 6 orang validator yaitu 2 ahli materi, 2 ahli bahasa dan 2 ahli penyajian. Uji respon pengguna dilakukan pada 23 peserta didik kelas IV dan 1 orang guru kelas SDN 01 Bengkulu Tengah. Analisis data menggunakan dalam menentukan kevalian media pembelajaran menggunakan tabulasi silang dan sebaran angket. Hasil uji kelayakan media pembelajaran oleh validator ditinjau dari aspek materi, bahasa, dan penyajian, kelayakan materi diperoleh 0,70 (kriteria layak), hasil kelayakan bahasa 0,70 (kriteria layak) dan hasil kelayakan penyajian 0,80 (kriteria sangat layak). Hasil uji lapangan media pembelajaran dengan melakukan pretest dan postest dengan hasil uji gain menunjukan 23 peserta didik dengan hitung gain kriteria tinggi 10 peserta didik dengan persetase 43,5 % kemudian kriteria sedang 12 peserta didik dengan persentase 52,2% selanjutnya kriteria rendah 1 peserta didik dengan persentase 4,3%. Selain itu hasil wawancara dengan guru kelas IV menunjukan respon positif. Dengan kata lain media pembelajaran yang digunakan mampu meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi peserta didik. Kata Kunci : Media Pop Up Book, Discovery Learning, Keterampilan Menulis Teks Deskripsi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 23 Oct 2024 07:14
Last Modified: 23 Oct 2024 07:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22954

Actions (login required)

View Item View Item