Ardiansyah, M and Winarni, Endang Widi and Muktadir, Abdul (2024) PENGARUH MODEL VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) TERHADAP NILAI DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DALAM MUATAN PEMBELAJARAN PPKN DI MIS NURUL HUDA KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
Dokumen dari M. Ardiansyah - M. ardi Ansyah (1).pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Model pembelajaran VCT dapat membantu peserta didik dalam mencari dan menentukan suatu nilai yang dianggap baik. Pada penelitian ini nilai yang dipilih adalah nilai disiplin dan tanggung jawab. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pada penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Pada penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Dalam penelitian ini, yang menjadi variabel bebas (X) adalah pengaruh model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique), untuk variabel terikatnya (Y1) nilai diisplin dan (Y2) tanggung jawab. Penggunaan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap nilai disiplin dan tanggung jawab berpengaruh secara signifikan. Hal itu ditunjukkan dengan hasil hitung nilai disiplin Asymp sig. 2 tailed sebesar 0,000 < 0,05. Sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji Mann Whitney. Dari hasil uji N-gain efektifitas didapat kategori sedang. Nilai tanggung jawab Asymp sig. 2 tailed sebesar 0,000 < 0,05. Sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji Mann Whitney. N�gain score nilai tanggung jawab dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil uji korelasi diketahui bahwa N atau jumlah data penelitian adalah 26, dengan nilai pearson correlation -0.65 kemudian nilai sig. (2-tailed) nilai disiplin dan tanggung jawab adalah 0,754, bahwa tidak ada hubungan yang signifikan. Sementara dengan korelasi negative maka kedua variabel ini memliki hubungan yang berlawanan. Dimana nilai disiplin tinggi maka niali tanggung jawab menurun atau rendah. Kata Kunci : Model VCT (Value Clarification Technique), Nilai Disiplin, Nilai Tanggung Jawab
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 07:14 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 07:14 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22955 |
Actions (login required)
View Item |