PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL DAN MOTIVASI BELAJAR IPS DI KELAS V SD GUGUS IX KOTA BENGKULU

Sari, Febby Intan Permata and Badeni, Badeni and Winarni, Endang Widi (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL DAN MOTIVASI BELAJAR IPS DI KELAS V SD GUGUS IX KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
FEBBY BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - Febby Intan Permata Sari S. Pd..pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based (PBL) terhadap perilaku prososial dan motivasi belajar IPS di kelas V SD Gugus IX Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan jenis desain “the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah SD gugus IX Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Sampel dalam penelitian ini kelas VD SDN 82 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan kelas VB SDN 73 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket perilaku prososial dan motivasi belajar siswa yang diberikan melalui angket awal dan angket akhir pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Data hasil penelitian yang diolah menggunakan uji- t dengan melihat nilai gain didapatkan nilai thitung perilaku prososial sebesar 15,77 dan motivasi belajar siswa sebesar 6,79 dan nilai ttabel sebesar 2,07. Secara statistik terlihat thitung perilaku prososial (15,77) dan motivasi belajar siswa (6,79) > ttabel (2,07) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap motivasi belajar IPS di kelas V SD Gugus IX Kota Bengkulu. Kata Kunci : Problem Based Learning, Perilaku Prososial, Motivasi Belajar, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 23 Oct 2024 07:14
Last Modified: 23 Oct 2024 07:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22956

Actions (login required)

View Item View Item