Mustofa, Ahmad and Muktadir, Abdul and Winarni, Endang Widi (2024) ANALISIS BUTIR SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) PADA ASESMEN MADRASAH MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VI MIS NURUL HUDA KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
TESIS_AHMAD MUSTOFA_S2-PENDAS_compressed - Ahmad Mustofa.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur konten, proses kognitif, dan konteks soal AKM pada asesmen madrasah mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VI tahun pelajaran 2021/2022 dan 2022/2023 MIS Nurul Huda Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah mixed methods research. Subjek penelitian ini ialah peserta didik kelas VI MIS Nurul Huda Kota Bengkulu. Objek dalam penelitian ini adalah unsur konten, proses kognitif, dan konteks literasi membaca, respon jawaban peserta didik butir pada asesmen madrasah mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VI MIS Nurul Huda Kota Bengkulu Tahun pelajaran 2021/2022 dan tahun pelajaran 2022/2023. Instrumen penelitian berupa dokumen berupa lembar hasil analisis unsur konten, proses kognitif, dan konteks literasi membaca. konten, proses kognitif, dan konteks literasi membaca dianalisis dan dihitung sesuai kesepakatan rater. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Unsur konten soal AKM Tahun 2021/2022 tertinggi yaitu teks informasi sebanyak 22 butir soal dan unsur konten soal AKM Tahun 2022/2023 tertinggi yaitu teks informasi sebanyak 28 butir soal; (2) Unsur proses kognitif soal AKM Tahun 2021/2022 tertinggi yaitu menemukan informasi sebanyak 28 butir soal dan unsur proses kognitif soal AKM Tahun 2022/2023 tertinggi yaitu menemukan informasi sebanyak 27 butir soal; (3) Unsur konteks soal AKM Tahun 2021/2022 tertinggi yaitu personal sebanyak 22 butir soal dan Unsur konteks soal AKM Tahun 2022/2023 tertinggi yaitu saintifik sebanyak 15 butir soal; (4) Kualitas butir soal secara empiris, soal Tahun 2021/2022 dengan hasil uji validitas 27 butir soal valid dan 8 butir soal yang tidak valid, hasil uji reliabilitas sebesar 0,836, hasil uji taraf kesukaran yaitu 12 butir soal kategori sukar, 13 butir soal kategori sedang dan 10 butir soal kategori mudah, hasil uji daya pembeda yaitu 15 butir soal kategori baik, 14 butir soal kategori cukup dan 6 butir soal kategori jelek. Soal AKM Tahun 2022/2023 hasil uji validitas 19 butir soal valid dan 16 butir soal yang tidak valid, hasil uji reliabilitas sebesar 0,753, hasil uji taraf kesukaran yaitu 12 butir soal kategori sukar, 16 butir soal kategori sedang dan 7 butir soal kategori mudah, hasil uji daya pembeda yaitu 29 butir soal kategori baik dan 6 butir soal kategori baik sekali. Kata kunci: analisis butir soal, literasi membaca, dan uji empiris.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 07:14 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 07:14 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22958 |
Actions (login required)
View Item |