SINTESIS METAL ORGANIC FRAMEWORKS (MOFS) UNTUK ADSORPSI ZAT WARNA SEBAGAI BAHAN E-MODUL PADA MATA KULIAH KIMIA MATERIAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS MAHASISWA

Umaro, Septika Amalia and Firdaus, M. Lutfi and Ginting, Sura Menda (2024) SINTESIS METAL ORGANIC FRAMEWORKS (MOFS) UNTUK ADSORPSI ZAT WARNA SEBAGAI BAHAN E-MODUL PADA MATA KULIAH KIMIA MATERIAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS MAHASISWA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
Septika Amalia Umaro (A2L020006) - Septika Amalia Umaro.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan e-modul dengan topik sintesis Metal Organic Frameworks (MOFs) Cu-BDC untuk adsorpsi zat warna congo red dan metanil yellow serta menganalisis peningkatan literasi sains mahasiswa setelah penerapan e-modul berbasis Problem Based Learning pada mata kuliah kimia material menggunakan aplikasi bot telegram. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data adalah analisis kuantitatif. Hasil penelitian MOFs Cu-BDC yang disintesis dapat mengadsorpsi zat warna congo red 75 ppm dengan waktu kontak 30 menit, berat 9 mg, pH 5, dan suhu 600C. Sedangkan pada zat warna metanil yellow 75 ppm, pada waktu kontak 30 menit, pH 5, berat 5 mg, dan suhu 500C. Kedua zat warna menunjukan isotherm adsorpsi Freundlich. Pada pengaplikasian limbah zat warna artifisial efesiensi daya serap congo red 98,735% dan metanil yellow 97,332%. Selanjutnya E-modul dengan topik sintesis MOFs Cu-BDC sebagai adsorben zat warna congo red dan metanil yellow diimplementasikan pada mata kuliah kimia material. Berdasarkan hasil validasi e-modul dari ahli materi diperoleh skor 93,17%, ahli media 95,8%, hasil validasi soal diperoleh skor 88,75% dan hasil validasi angket respon mahasiswa oleh ahli materi sebesar 92,6%. Secara keseluruhan dapat disimpulkan hasil validasi e-modul dengan kategori sangat layak. Hasil angket respon mahasiswa terhadap e-modul didapatkan skor 95% dengan kategori sangat layak. Adanya peningkatan literasi sains mahasiswa setelah penerapan e-modul MOFs Cu-BDC pada mata kuliah kimia material dilihat dari nilai n-gain yang diperoleh sebesar 0,67 dengan kriteria sedang. Kata Kunci : MOFs, E-modul, Problem Based Learning, dan Literasi Sains

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 28 Oct 2024 01:16
Last Modified: 28 Oct 2024 01:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22963

Actions (login required)

View Item View Item