Junaini, Junaini and Firdaus, M. Lutfi and Nursaadah, Euis (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID DALAM MENDETEKSI LOGAM Zn DENGAN INDIKATOR ALAMI EKSTRAK BUNGA KEMBANG SEPATU MERAH( Hibiscus rosa sinensis) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
TESIS LENGKAP SUDAH TTD - Junaini Ajo.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran berbasis aplikasi android dalam mendeteksi logam Zn untuk meningkatkan pemahaman siswa. Jenis penelitian adalah R&D ( Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analysis, design, develop, implementation and evaluation. Tahap analysis dilakukan analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran sains dengan menganalisis selektivitas dan sensitifitas logam berat terhadap indikator bunga Hibiscus rosa sinensis. Tahap design yaitu untuk merancang desain media, instrumen validasi media serta instrumen penilaian pemahaman siswa. Tahap develop yiatu mengembangkan media, uji kelayakan media serta revisi media . Tahap implementation yaitu dilakukan implementasi pengembangan media pembelajaran berbasis android yang telah divalidasi di MTsN 1 Seluma kepada 35 siswa kelas VII. Tahap evaluation dilakukan dengan mengevaluasi dari tahapan analisis sampai pada tahap pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ekstrak Hibiscus rosa sinensis selektif terhadap ion logam Zn2+ yang ditandai dengan adanya perubahan warna dari bening menjadi biru, dan memiliki puncak absorbansi baru yaitu pada panjang gelombang maksimum 590 nm yang dibandingkan dengan logam berat lain yaitu Fe, Cu, Cr dan Pb. Sensitivitas ion Zn2+ dengan metode citra digital menghasilkan Limit Of Detection (LOD) sebesar 0,015 ppm. (2) hasil uji kelayakan media pembelajaran yaitu rata-rata skor sebesar 85% dengan kategori layak digunakan sebagai media ajar. (3) pemahaman siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis android mengalami peningkatan lebih tinggi pada kelas eksperimen dibanding kelas kontrol yang ditunjukkan dari nilai N-Gain pretest dan postest pada kelas eksperimen sebesar 0,7 dengan kategori tinggi dan pada kelas kontrol sebesar 0,4 kategori sedang. Uji signifikansi 0,000<0,05 dan nilai rata-rata postest pada kelas eksperimen 88,28 dan postest pada kelas kontrol 79,06. Kata Kunci : Media Android, Zn2+,Pemahaman siswa ,pencemaran lingkungan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 01:17 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 01:17 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22964 |
Actions (login required)
View Item |