Noviana, Noni and Firdaus, M. Lutfi and Johan, Henny (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL IPA TERPADU PADA KONTEKS ANALISIS LIMBAH ORGANIK DI PANTAI CUKUH RAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
tesis noni perpus unib_compressed - Noni noviana.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa E-Modul IPA Terpadu pada Konteks Analisis Limbah Organik di Perairan Pantai Cukuh Raya untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa. Secara rinci tujuan penelitian ini adalah. : (1) mengdentifikasi kandungan limbah organik di pantai cukuh raya dan solusi mengatasi pencemaran air pantai akibat limbah orgnaik, (2) mendeskripsikan kelayakan E-Modul IPA terpadu pada konteks analisis limbah organik di perairan Pantai Cukuh Raya yang dikembangkan, (3) mendeskripsikan keefektifan E�Modul IPA terpadu pada konteks analisis limbah organik di perairan Pantai Cukuh Raya yang dikembangkan, dan (4) mendeskripsikan respon siswa dan guru setelah diterapkan E-Modul IPA terpadu pada konteks analisis limbah organik di perairan Pantai Cukuh Raya yang dikembangkan sebagai bahan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan merupakan Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perairan pantai cukuh raya terbukti telah tercemar oleh limbah organik berupa ammonia, nitrat, dan fosfat dari tambak udang karena melebihi baku mutu bagi biota laut. Eco enzim juga terbukti dapat menjadi solusi dalam mengatasi pencemaran air akibat limbah organik. Hasil kelayakan E-Modul IPA terpadu yang telah divalidasi oleh validator secara keseluruhan memperoleh skor rata˗rata 92,82 pada aspek materi dan 89,25 pada aspek media dalam kategori sangat layak. Hasil selanjutnya berupa hasil implementasi didapatkan bahwa E-Modul IPA terpadu terbukti cukup efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa dengan rata-rata peningkatan sebesar 69%. Sejalan dengan hasil implementasi didapatkan juga bahwa respon siswa dan guru terhadap bahan ajar E-Modul IPA terpadu secara keseluruhan memperoleh persentase rata˗rata 83,11 dan 97,68 dalam kategori sangat baik yang berarti siswa dan guru memberikan respon positif terhadap bahan ajar E˗Modul. Kata Kunci : E-Modul, IPA Terpadu, Pencemaran Air, Limbah Organik, Penguasaan Konsep
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 01:17 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 01:17 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22965 |
Actions (login required)
View Item |