PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BIOSINTESIS NANOPARTIKEL EMAS SEBAGAI ANALISIS KROMIUM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK

Dewi, Ria Kemala and Firdaus, M. Lutfi and Nursaadah, Euis (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BIOSINTESIS NANOPARTIKEL EMAS SEBAGAI ANALISIS KROMIUM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
Tesis Ria Kemala Dewi - Ria Kemala dewi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pembelajaran kimia berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan literasi kimia peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan model R&D tipe 4D yang melibatkan 60 peserta didik kelas X1 (sebagai kelas kontrol) dan X2 (sebagai kelas eksperimen) SMAN 01 Bengkulu Utara. Pada tahap analisis dilakukan analisis kebutuhan guru dan peserta didik sebagai dasar pengembangan e-modul pembelajaran dan analisis deteksi kromium menggunakan biosintesis nanopartikel emas (NPE) secara kolorimetri dengan spektrofotometri UV-Vis sebagai implementasi konten kimia dalam pembelajaran materi struktur atom dan nanoteknologi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh data bahwa NPE yang disintesis dari bioreduktor belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi) dapat mendeteksi kromium dengan konsentrasi NPE 10 ppm dengan kondisi optimum pada pH 5, suhu optimum pada 75oC, waktu inkubasi optimum selama 5 menit, serta NPE yang selektif dan sensitif untuk mendeteksi kromium. E-modul pembelajaran didesain berdasarkan model pembelajaran PBL dengan mengacu terhadap empat aspek literasi kimia (konteks, konten, high order learning skill, dan sikap) menggunakan aplikasi canva. Selanjutnya untuk mengetahui kelayakan e-modul pembelajaran dilakukan uji validasi. Data validasi diolah menggunakan Content Validaty Index (CVI) dengan pedoman aiken tabel. Rata-rata hasil validasi ahli materi, soal, dan media pada e-modul pembelajaran berbasis PBL memperoleh nilai I-CVI > 0,8 yang menyatakan bahwa e-modul pembelajaran valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar pada tahap implementasi. Peningkatan literasi kimia peserta didik diperoleh dari hasil N-gain pada skor pretest dan postest. Literasi kimia peserta didik setelah menggunakan e-modul pembelajaran berbasis PBL mengalami peningkatan, ditunjukkan oleh rata-rata N-gain 0,71 pada kategori tinggi. Kemudian dilakukan uji hipotesis pada nilai N-gain tersebut, dengan nilai Thitung 0,00 yang berarti terdapat perbedaan signifikan dari literasi kimia peserta didik menggunakan e-modul berbasis PBL dan buku teks pada materi struktur atom dan nanoteknologi. Kata Kunci: e-modul, PBL, NPE, kromium, literasi kimia

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 28 Oct 2024 01:17
Last Modified: 28 Oct 2024 01:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22967

Actions (login required)

View Item View Item