PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Penjaskes Siswa Kelas IV SD NEGERI 10 TebingTinggi Kabupaten Empat Lawang)

Putra, Adie and Sahono, Bambang and Alexon, Alexon (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Penjaskes Siswa Kelas IV SD NEGERI 10 TebingTinggi Kabupaten Empat Lawang). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
ADIE PUTRA_NPMA2M022006 - Ahmad Hasbi Qodri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa, 2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Penjaskes Pada Siswa dan 3) Efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Penjaskes Siswa Kelas IV SD Negeri 10 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang. Permasalahan yang ada pada penelitian ini adalah metode pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, rendahnya sikap keterampilan sosial siswa dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini menggunakan subjek sebanyak 20 orang pada penelitian PTK, 20 orang pada penelitian kelas eksperimen, dan 20 orang pada penelitian kelas control.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan Keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran Penjaskes. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Penjaskes. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD secara efektif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Penjaskes Siswa Kelas IV SD Negeri 10 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang. Kata Kunci : Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Keterampilan Sosial, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 28 Oct 2024 01:17
Last Modified: 28 Oct 2024 01:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22970

Actions (login required)

View Item View Item