Qudri, Ahmad Hasbi and Sapri, Johanes and Buyung, Buyung (2024) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Pada Mata Pelajaran IPA di SD Negeri 13 Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
AHMAD HASBI QUDRI A2M022007 - Ahmad Hasbi Qodri.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 13 Lahat. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 13 Lahat semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Melalui teknik simpel random sampling diperoleh sampel kuasi eksperimen adalah kelas V.a SD Negeri 13 Lahat dan kelas kontrol kelas V.b SD Negeri 13 Lahat. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 13 Lahat dan penerapan metode eksperimen secara efektif dapat meningkatkan perstasi belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Metode eksperimen, aktivitas belajar siswa, prestasi belajar siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 01:17 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 01:17 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22971 |
Actions (login required)
View Item |