PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPETALKING STICKUNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN DAN PRESTASI BELAJAR (Studipada Mata Pelajaran IPA Siswa kelas V Gugus 2 Merapi Barat)

Bakti, Asrul and Sapri, Johanes and Buyung, Buyung (2024) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPETALKING STICKUNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN DAN PRESTASI BELAJAR (Studipada Mata Pelajaran IPA Siswa kelas V Gugus 2 Merapi Barat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
ASRUL BAKTI A2M022012 - Ahmad Hasbi Qodri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan mendeskripsikan efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick untuk meningkatkan keberanian dan prestasi belajar pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 6 Merapi Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan eksperimen semu dan kontrol. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 6 Merapi Barat semester genap tahun ajaran 2023/2024. Jumlah peserta didik pada kelas PTK sebanyak 25 orang, kelas eksperimen sebanyak 25 orang, dan kelas kontrol sebanyak 30 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi yang diintegrasikan dengan model pembelajaran speaking stick dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis skor rata-rata dan tes yang terdiri dari tes perbedaan antar siklus dan tes perbedaan sampel tidak berhubungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talk stick dapat meningkatkan keberanian dan prestasi belajar pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 6 Merapi Barat. Kata kunci: Talking Stick, Keberanian, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 28 Oct 2024 01:18
Last Modified: 28 Oct 2024 01:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22973

Actions (login required)

View Item View Item