Nur`ayona, Nur`ayona and Sapri, Johanes and Alexon, Alexon (2024) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN ANTUSIASME DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI di SD Negeri Gugus I Kikim Timur ). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
NUR'AYONA.NPM.A2M022035.OK - Nur Ayona.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan antusiasme dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI SD Negeri Gugus I Kikim Timur. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa Kelas VI SD Negeri Gugus I Kikim Timur semester Genap tahun pelajaran 2023/2024. Melalui teknik simple random sampling diperoleh sampel kuasi eksperimen adalah Kelas VI SD Negeri Gugus I Kikim Timur. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery learning dapat meningkatkan antusiasme dan prestasi belajar siswa Kelas VI SD Negeri Gugus I Kikim Timur. Kata kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, antusiasme Siswa, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 01:18 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 01:18 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22975 |
Actions (login required)
View Item |