Rinson, Rinson and Alexon, Alexon and Buyung, Buyung (2024) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Pada mata Pelajaran IPA Kelas v SD Negeri Gugus Mulak Ulu Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
RINSON TESIS Penerapan model Discovery Learning, Partisipasi Aktif dan Prestasi belajar siswa1 - Rinson Dan.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Discovery learning untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa dan prestasi belajar studi pada mata pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Gugus Mulak Ulu Lahat. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan dilanjutkan dengan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 2 Mulak Ulu semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Melalui teknik random sampling diperoleh sampel kuasi eksperimen adalah kelas V SDN 3 Mulak Ulu dan sebagai kelas control adalah SDN 1 Mulak Ulu. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan Model Discovery learning efektif dapat meningkatkan secara signifikan partisipasi aktif dan prestasi belajar Siswa Kelas V SDN 2 Mulak Ulu. Kata kunci: model Discovery Learning, partisipasi aktif siswa, prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 01:18 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 01:18 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22976 |
Actions (login required)
View Item |