PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Pada mata Pelajaran IPA Kelas v SD Negeri Gugus Mulak Ulu Lahat)

Rinson, Rinson and Alexon, Alexon and Buyung, Buyung (2024) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Pada mata Pelajaran IPA Kelas v SD Negeri Gugus Mulak Ulu Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
RINSON TESIS Penerapan model Discovery Learning, Partisipasi Aktif dan Prestasi belajar siswa1 - Rinson Dan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Discovery learning untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa dan prestasi belajar studi pada mata pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Gugus Mulak Ulu Lahat. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan dilanjutkan dengan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 2 Mulak Ulu semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Melalui teknik random sampling diperoleh sampel kuasi eksperimen adalah kelas V SDN 3 Mulak Ulu dan sebagai kelas control adalah SDN 1 Mulak Ulu. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan Model Discovery learning efektif dapat meningkatkan secara signifikan partisipasi aktif dan prestasi belajar Siswa Kelas V SDN 2 Mulak Ulu. Kata kunci: model Discovery Learning, partisipasi aktif siswa, prestasi belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 28 Oct 2024 01:18
Last Modified: 28 Oct 2024 01:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22976

Actions (login required)

View Item View Item