Junita, Selvia and Sahono, Bambang and Sapri, Johanes (2024) PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Thawalib Muara Enim). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
selvia junita (A2M022047) ok - Komunitas Guru Penggerak.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) dalam meningkatkan percaya diri siswa kelas VIII SMP Thawalib Muara Enim, (2) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Thawalib Muara Enim. Dalam penelitian ini digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Thawalib Muara Enim. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi dan metode tes siswa. Analisis data yang digunakan nilai adalah (1) Analisis kemampuan percaya diri siswa,(2) Analisis Pre-test dan Post-test,(3) Analisis uji t Prestasi Belajar Siswa. Instrumen validasi materi dan percaya diri siswa dalam penelitian yang digunakan adalah model skala linkert. Simpulan dari penelitian ini adalah; (1) Penerapan pembelajaran pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) dapat meningkatkan percaya diri siswa pada mata pelajaran Matematika, (2) Penerapan model pembelajaran pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di SMP Thawalib Muara Enim dan (3) Penerapan model pembelajaran pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE), Percaya Diri , Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 01:18 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 01:18 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22977 |
Actions (login required)
View Item |