Kurniati, Elni and Sapri, Johanes and Alexon, Alexon (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTUREAND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran PAI Kelas V SD Negeri 28 Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
tesis ELNI KURNIATI.A2M022015(BENAR)Plagiat - liajuniti yasti.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Picture and picture dan mendeskripsikan efektivitas penerapan model Picture and picture untuk meningkatkan penalaran dan prestasi belajar pada mata pelajaran PIA kelas V SD Negeri 28 Lahat. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan kuasi eksperimen dan kontrol. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SMP Negeri 28 Lahat semester dua tahun pelajaran 2023/2024. Jumlah siswa untuk kelas PTK berjumlah 22 orang, untuk kelas eksperimen berjumlah 22 orang, dan untuk kelas kontrol berjumlah 22 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi model picture and picture, lembar observasi tanggung jawab, dan test hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis skor rata-rata dan uji-test yang terdiri dari uji beda antar siklus dan uji beda dua sampel yang tidak berhubungan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model picture and picture dapat meningkatan penalaran, prestasi belajar dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas V SD Negeri 28 Lahat. Kata Kunci: Model picture and picture, penalaran dan Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 01:18 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 01:18 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22979 |
Actions (login required)
View Item |