PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PHET SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XI IPA di SMA Negeri Rayon III Kabupaten Lahat)

Mariagustriani, Ayu and Sahono, Bambang and Sapri, Johanes (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PHET SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XI IPA di SMA Negeri Rayon III Kabupaten Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS AYU MARIAGUSTRIANI A2M022013 - Sman5 Lahat.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan prosedur pengembangan E-modul berbasis PhET Simulation yang tepat dan layak untuk meningkatkan prestasi belajar dan mendeskripsikan efektifitas E-modul berbasis PhET Simulation dalam meningkatkan prestasi belajar. Dalam penelitian ini digunakan rancangan pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation), dengan tahap pengembangan (Development) mencakup penyusunan produk menggunakan aplikasi Canva for Education. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA di SMA Negeri Rayon III Kabupaten Lahat, yaitu di SMA Negeri 3 Lahat dan SMA Negeri 5 Lahat.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar penilaian dan hasil tes siswa. Analisis data yang penelitian ini dengan rata-rata dan uji-t. Instrumen validasi ahli media dan materi dalam penelitian adalah Skala Likert. Kesimpulan dari penelitian ini adalah E-modul berbasis PhET Simulation yang dikembangkan layak untuk dipergunakan sebagai salah satu media pembelajaran fisika SMA di kelas XI IPA. Pengembangan E-modul berbasis PhET Simulation efektif dalam meningkatkan prestasi belajar berdasarkan hasil uji coba terbatas dan uji skala luas siswa kelas XI IPA di SMA Negeri Rayon III Kabupaten Lahat pada mata pelajaran Fisika materi Azas Kontinuitas dan Teorema Torricelli. Kata Kunci: E-modul, PhET Simulation, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 28 Oct 2024 01:18
Last Modified: 28 Oct 2024 01:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22982

Actions (login required)

View Item View Item