Maretha, Winda and Sahono, Bambang and Buyung, Buyung (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI LABORATORIUM (INQUIRY LAB) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR ( Studi pada Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Tebat Lahat ). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
TESIS DAN PLAGIARISME - winda maretha.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan model pembelajaran Inkuiri Laboratorium (Inquiry Lab) dapat meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Tebat semester 2 Tahun Pelajaran 2023/2024. Jumlah siswa untuk kelas PTK 25 Orang, untuk Kelas Eksperimen 26 Orang, dan untuk kelas Kontrol 26 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi model pembelajaran Inkuiri Laboratorium (Inquiry Lab), lembar observasi sikap ilmiah siswa dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan skor rata-rata dan uji test yang terdiri dari uji beda antar siklus dan uji beda dua sampel yang tidak berhubungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri Laboratorium (Inquiry Lab) dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa , prestasi belajar dan efektifitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Tebat. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Laboratorium (Inquiry Lab), Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 01:18 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 01:18 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22983 |
Actions (login required)
View Item |