Yuliani, Yuliani and Alexon, Alexon and Buyung, Buyung (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENIGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN di Gugus II Merapi Timur ). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
TESIS FULL-YULIANI - Yuli Ani (1).pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif, prestasi belajar siswa serta efektifitas penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN di Gugus II Merapi Timur. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan kuasi eksperimen. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembaran observasi untuk mengukur proses pembelajaran dan kemampuan berfikir kreatif siswa dan untuk mengukur prestasi belajar digunakan tes. Sedangkan analisis data digunakan analisis skor rata-rata dan Uji-t test. Penelitian dilaksanakan dikelas V. A ( SDN 13 Merapi Timur) sebagai kelas PTK. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan : Penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif, prestasi belajar, serta efektif meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Solving, Berfikir kreatif, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 01:19 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 01:19 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22987 |
Actions (login required)
View Item |