Malini, Hema and Sapri, Johanes and Alexon, Alexon (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII SMA Negeri di Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
TESIS HEMA LENGKAP_merged - winda maretha.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (7MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bahan ajar pembelajaran dengan modul akuntansi berbasis kearifan lokal modul akuntansi berbasis kearifan lokal yang layak untuk meningkatkan motivasi belajar dan mendeskripsikan efektifitas bahan ajar dengan modul akuntansi berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan motivasi belajar. Dalam penelitian ini digunakan rancangan pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 TanjungTebat.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar penilaian produk dan wawancara. Analisis data yang penelitian ini berupa komentar,saran dan masukan yang dikemukan oleh ahli media, ahli materi dan siswa. Instrumen validasi ahli media dan materi dalam penelitian adalah Skala Likert. Simpulan dari penelitian ini adalah bahan ajar dengan modul akuntansi berbasis kearifan lokal yang dikembangkan layak untuk meningkatkan motimasi belajar dan pengembangan bahan ajar pembelajaran dengan modul akuntansi berbasis kearifan lokal layak dan efektif dalam meningkatkan motivasi belajar berdasarkan hasil uji coba terbatas dan uji skala luas siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Tanjung Tebat pada mata pelajaran Ekonomi materi Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang. Kata Kunci: Bahan Ajar Pembelajaran, Modul Akuntansi, Motivasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 01:19 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 01:19 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22988 |
Actions (login required)
View Item |