PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V SD Negeri Gugus 2 di Kecamatan Kikim Timur)

Agustina, Herni and Sahono, Bambang and Sapri, Johanes (2024) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V SD Negeri Gugus 2 di Kecamatan Kikim Timur). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS HERNI AGUSTINA OK_compressed - HERNI AGUSTINA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini (1) Penerapan pendekatan pembelajaran ilmiah untuk meningkatkan kemandirian siswa (IPA kelas 5 SD Negeri klaster 2 di Kecamatan Kikim Timur) (2) Penerapan pendekatan pembelajaran saintifik untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (IPA kelas 5 SD Negeri klaster 2 di Kecamatan Kikim Timur) (3) Efektivitas pendekatan pembelajaran saintifik untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa. Populasi Dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD klaster 2 Kikim Timur yang berjumlah 53 siswa. Untuk mengambil sampel dilakukan dengan cara total sampling Artinya, sampel ditentukan dengan membuat seluruh populasi menjadi sampel. Sampel penelitian yang berperan sebagai kelas tindakan adalah kelas V.c yang berjumlah 22 siswa, sampel penelitian kelas eksperimen adalah kelas V.b yang berjumlah 17 siswa. Untuk kelas kontrol adalah kelas V.a yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengolahan data menggunakan konservasi dan pengujian. Hasil dari penelitian ini adalah Pembelaran dengan penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemandirian siswa dalam belajar, khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Kata kunci: Pendekatan Pembelajaran Saintifik, kemandirian belajar, dan prestasi belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 28 Oct 2024 01:19
Last Modified: 28 Oct 2024 01:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22989

Actions (login required)

View Item View Item