PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEMBERIAN TUGAS UNTUK MENINGKATKAN MENGENAL NILAI MATA UANG DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Tunagrahita Kelas IV SLB Negeri Muara Enim)

Asnawi, Asnawi and Sahono, Bambang and Insanistyo, Bayu (2024) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEMBERIAN TUGAS UNTUK MENINGKATKAN MENGENAL NILAI MATA UANG DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Tunagrahita Kelas IV SLB Negeri Muara Enim). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS LENGKAP ASNAWI FINAL ok - Alex Jun Roy Nata Sitepu.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pada siswa tunagrahita kelas IV di SLB Negeri Muara Enim Tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pemberian tugas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian inidilaksanakan di kelas IV SLB Negeri Muara Enim Subjek pada penelitian ini adalah siswa tunagrahita kelas IV yang terdiri dari 5 siswa. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi keaktifan siswa dalam pembelajaran dan aktivitas guru dalam pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar observasi dalam pembelajaran dan aktivitas guru dalam pembelajaran. Validasi instrumen dilakukan oleh guru kelas. Teknis analisis yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbaikan dan peningkatan hasil belajar mengenal nilai mata uang pada siswa tunagrahita kelas IV di SLB Negeri Muara Enim melalui penggunaan penugasan Selama proses pembelajaran siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Adapun peningkatan hasil belajar siswa dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas yang meningkat dari pratindakan, hasil tindakan siklus 1 ,siklus 2. dan pada siklus 3 nilai rata-rata siswa kelas IV di SLB Negeri Muara Enim mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 70. Nilai rata-rata siswa pada hasil tes pratindakan adalah sebesar 54. Nilai rata-rata siswa pada hasil tes tindakan siklus 1 adalah sebesar 64, pada siklus 2 pratindakan 66 setelah tindakan 74. Dan nilai rata-rata siswa pada hasil tindakan siklus 3 adalah sebesar 80 dan siklus dengan ketuntasan mencapai 100%. Kata Kunci: Peenerapan Metode Pemberian Tuga, Mengenal Mata Uang, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 28 Oct 2024 01:19
Last Modified: 28 Oct 2024 01:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22991

Actions (login required)

View Item View Item