PENERAPAN PEMBIASAAN TADARUS ALQURAN UNTUK MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH DAN PRESTASi BELAJAR (Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas VII SMP Thawalib Muara Enim Tahun Ajaran 2023/2024)

Zulkarnain, Zulkarnain and Sapri, Johanes and Insanistyo, Bayu (2024) PENERAPAN PEMBIASAAN TADARUS ALQURAN UNTUK MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH DAN PRESTASi BELAJAR (Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas VII SMP Thawalib Muara Enim Tahun Ajaran 2023/2024). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
Tesis Lengkap Zulkarnain - Alex Jun Roy Nata Sitepu.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: mendeskripsikan penerapan tadarus Alquran dalam meningkatkan karakter moral siswa. Mendeskripsikan penerapan model tadarus alquran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Dalam penelitian ini digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Thawalib Kota Muara Enim. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi dan metode tes siswa. Analisis data nilai yang digunakan adalah analisis kemampuan akhlakul karimah , analisis pre-test dan post-test, dan analisis uji t terhadap prestasi belajar siswa. Instrumen akhlakul karimah siswa dalam penelitian yang digunakan adalah model skala likert. Kesimpulan dari penelitian ini adalah; (1) Penerapan tadarus alquran dapat meningkatkan akhlakul karimah siswa dalam Pendidikan Agama Islam siswa. (2) Penerapan model tadarus Alquran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Islam SMP Thawalib Muara Enim tahun ajaran 2023/2024. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Tadarus Alquran, Karakter Akhlak, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 28 Oct 2024 01:20
Last Modified: 28 Oct 2024 01:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22996

Actions (login required)

View Item View Item