PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas XII SMAN 1 Tanjung Agung Muara Enim )

Ariani, Lita and Sapri, Johanes and Sahono, Bambang (2024) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas XII SMAN 1 Tanjung Agung Muara Enim ). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS Lita Ariani baru 1 - Lita Ariani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan pembelajaran saintifik untuk meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa bahasa Indonesia pada kelas XII Mia 2 SMA N 1 Tanjung Agung . Dalam penelitian ini digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilanjutkan dengan penelitian Eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII Mia 2 di SMA N 1 Tanjung Agung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi dan metode tes siswa. Analisis data yang digunakan nilai adalah (1) Analisis kemampuan sikap ilmiah, (2) Analisis Pre-test dan Post-test, (3) Analisis uji t Prestasi Belajar Siswa. Instrumen validasi materi dan sikap ilmiah siswa dalam penelitian yang digunakan adalah model skala linkert. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran sainifik dapat meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA N 1 Tanjung Agung Tahun Pelajaran 2023/2024. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Saintifik, Sikap Ilmiah, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: septi
Date Deposited: 28 Oct 2024 01:20
Last Modified: 28 Oct 2024 01:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22997

Actions (login required)

View Item View Item