Anggraini, :Lusia and Sapri, Johanes and Insanistyo, Bayu (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X MPK di SMKN 1 Muara Enim). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
TESIS LUSIA ANGGRAINI - Lusia Anggraini.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran realistic mathematic education (RME) untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas X MPK di SMK N 1 Muara Enim. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MPK SMK N 1 Muara Enim semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Melalui teknik simpel random sampling diperoleh sampel kuasi eksperimen adalah kelas X MPK 2 di SMK N 1 Muara Enim dan kelas kontrol X MPK 3 di SMK N 1 Muara Enim. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran realistic mathematic education (RME) dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa kelas X SMK N 1 Muara Enim dan penerapan model pembelajaran realistic mathematic education (RME) efektif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Model Pembelajara Realistic Mathematic Education (RME), Kemandirian Belajar siswa, Prestasi Belajar siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 01:20 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 01:20 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22998 |
Actions (login required)
View Item |