PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X MPK di SMKN 1 Muara Enim)

Anggraini, :Lusia and Sapri, Johanes and Insanistyo, Bayu (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X MPK di SMKN 1 Muara Enim). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS LUSIA ANGGRAINI - Lusia Anggraini.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran realistic mathematic education (RME) untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas X MPK di SMK N 1 Muara Enim. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MPK SMK N 1 Muara Enim semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Melalui teknik simpel random sampling diperoleh sampel kuasi eksperimen adalah kelas X MPK 2 di SMK N 1 Muara Enim dan kelas kontrol X MPK 3 di SMK N 1 Muara Enim. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran realistic mathematic education (RME) dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa kelas X SMK N 1 Muara Enim dan penerapan model pembelajaran realistic mathematic education (RME) efektif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Model Pembelajara Realistic Mathematic Education (RME), Kemandirian Belajar siswa, Prestasi Belajar siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 28 Oct 2024 01:20
Last Modified: 28 Oct 2024 01:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22998

Actions (login required)

View Item View Item