Prahmanasari, Poppy and Sahono, Bambang and Sapri, Johanes (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DAN PRESTASI BELAJAR (STUDI PADA MUATAN PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 20 RAMBANG NIRU MUARA ENIM). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
Tesis Poppy Fix - Mutiara Chelsea Pranedi.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture untuk kemampuan berpikir logis dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 20 Rambang Niru Muara Enim. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas V.A SDN 20 Rambang Niru Muara Enim semester ganjil tahun pelajaran 2023/202 4. Melalui teknik simpel random sampling diperoleh sampel kuasi eksperimen adalah kelas V.B SDN 20 Rambang Niru Muara Enim dan kelas kontrol V.C di SDN 20 Rambang Niru Muara Enim. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis dan prestasi belajar siswa kelas V SDN 20 Rambang Niru Muara Enim Kata Kunci: Model Pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture, Kemampuan Berpikir Logis, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 01:20 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 01:20 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23002 |
Actions (login required)
View Item |