Sary, Reni Febrika and Alexon, Alexon and Buyung, Buyung (2024) PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA ( Studi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII di SMP Negeri 2 Mulak Ulu ). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
TESIS RENY - Ahmad Hasbi Qodri.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model experiential learning dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan prestasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Mulak Ulu. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, hasil observasi dan hasil refleksi. Subjek penelitian ini melibatkan 81 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mulak Ulu tahun pelajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian adalah lembar observasi penilaian proses pembelajaran, lembar observasi percaya diri dan lembar tes.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif antara lain analisis data observasi, analisis data prestasi belajar, dan analisis data kuasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model experiential learning dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan prestasi belajar siswa, sekaligus efektif meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mulak Ulu -Lahat pada materi teks persuasi. Kata Kunci : experiential learning, kemampuan berkomunikasi, prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 01:20 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 01:20 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23003 |
Actions (login required)
View Item |