PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Mulak Ulu Lahat)

Robinson, Robinson and Sahono, Bambang and Alexon, Alexon (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Mulak Ulu Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS ROBINSON - Ahmad Hasbi Qodri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa (Studi pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Mulak Ulu Lahat). Adapun desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri Gugus Mulak Ulu Lahat semester genap tahun pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari kelas PTK yaitu SD Negeri 3 Mulak Ulu dengan jumlah siswa 25 orang ( 13 orang laki-laki dan 12 orang perempuan), kelas eksperimen yaitu SD Negeri 2 Mulak Ulu dengan julah siswa 22 orang (16 orang laki-laki dan 6 orang perempuan) dan kelas kontrol yaitu SD Negeri 1 Mulak Ulu dengan jumlah siswa 17 orang (9 orang laki-laki dan 8 orang perempuan) . Untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Observasi dan test . Hasil Penelitian Tindakan Kelas selama 3 siklus dengan penerapan model Problem Based Learning menunjukkan bahwa terjadi peningkatan signifikan baik dari segi kemampuan berpikir kritis maupun prestasi belajar siswa. Kemudian hasil penelitian kuasi ekperimen menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning pada kelas eksperimen rata�rata nilai post testnya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan penerapan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Artinya bahwa penerapan model Problem Based Learning secara efektif dapat meningkatkan prestasi belajar dan pada mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri Gugus Mulak Ulu. Kata kunci : Model Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 28 Oct 2024 01:20
Last Modified: 28 Oct 2024 01:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23004

Actions (login required)

View Item View Item