PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran PKn Kelas VI di SD Negeri Gugus I Pulau Pinang)

Rukiah, Upik and Sahono, Bambang and Buyung, Buyung (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran PKn Kelas VI di SD Negeri Gugus I Pulau Pinang). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS UPIK FIX - upik rukiah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas siswa, prestasi belajar dan efektivitas penerapan pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match kelas VI SD Negeri di gugus 1 Pulau Pinang, Kecamatan Pulau Pinang Kabupaten Lahat. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilanjutkan dengan penelitian eksperimen. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 8 Pulau Pinang untuk kelas PTK, siswa kelas VI SD Negeri 2 untuk kelas kontrol dan siswa kelas VI SD Negeri 1 sebagai kelas eksperimen. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Simpulan dari penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan kreativitas, dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Kata kunci : Model Pembelajaran, Make a Match, Kreativitas Siswa, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 28 Oct 2024 01:20
Last Modified: 28 Oct 2024 01:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23005

Actions (login required)

View Item View Item