Rukiah, Upik and Sahono, Bambang and Buyung, Buyung (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran PKn Kelas VI di SD Negeri Gugus I Pulau Pinang). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
TESIS UPIK FIX - upik rukiah.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas siswa, prestasi belajar dan efektivitas penerapan pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match kelas VI SD Negeri di gugus 1 Pulau Pinang, Kecamatan Pulau Pinang Kabupaten Lahat. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilanjutkan dengan penelitian eksperimen. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 8 Pulau Pinang untuk kelas PTK, siswa kelas VI SD Negeri 2 untuk kelas kontrol dan siswa kelas VI SD Negeri 1 sebagai kelas eksperimen. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Simpulan dari penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan kreativitas, dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Kata kunci : Model Pembelajaran, Make a Match, Kreativitas Siswa, Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 01:20 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 01:20 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23005 |
Actions (login required)
View Item |