PENGEMBANGAN LKPD PADA MATERI FLUIDA DINAMIS UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN ANALISIS

Azhari, Fikri Rahman and Koto, Irwan and Johan, Henny (2024) PENGEMBANGAN LKPD PADA MATERI FLUIDA DINAMIS UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN ANALISIS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Fikri Rahman Azhari - A1E018039 - Fikri Rahman Azhari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kelayakan produk LKPD pada materi fluida dinamis untuk menstimulasi kemampuan menganalisis yang telah dikembangkan, dan (2) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap LKPD pada materi fluida dinamis untuk menstimulasi kemampuan menganalisis yang telah di kembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D yaitu Define, Design, dan Development. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Sampel data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang peserta didik kelas XI dari 3 sekolah yaitu SMAN 1 Kota Bengkulu, SMAN 5 Kota Bengkulu, dan SMAN 8 Kota Bengkulu. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak, pada uji validitas kelayakan oleh tim ahli dengan presentase nilai rata-rata presentase uji validasi pada aspek kelayakan isi sebesar 89,91%, aspek bahasa sebesar 96,87%, serta aspek penyajian dan kegrafisan sebesar 88,54% dengan kategori sangat layak sehingga LKPD yang dikembangkan dapat digunakan sebagai referensi bahan ajar tambahan. Hasil persepsi peserta didik yang berada pada ketegori sangat baik dengan presentase nilai rata-rata pada aspek penyajian tampilan sebesar 82,18%, aspek penyajian materi sebesar 81,35%, dan aspek penyajian manfaat sebesar 81,94%. Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, LKPD, Menstimulasi, Analisis, Fluida Dinamis.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 28 Oct 2024 01:20
Last Modified: 28 Oct 2024 01:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23009

Actions (login required)

View Item View Item