PEMASARAN USAHA BISNIS KURALIN BAG DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN HIDUP ANGGOTA KELOMPOK USAHA BERSAMA DARUSSALAM CRAFT DI KABUPATEN PESISIR BARAT LAMPUNG

Rika, Amalia Y and Ilham, Abdullah and Sofino, Sofino (2024) PEMASARAN USAHA BISNIS KURALIN BAG DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN HIDUP ANGGOTA KELOMPOK USAHA BERSAMA DARUSSALAM CRAFT DI KABUPATEN PESISIR BARAT LAMPUNG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi raamalia fix plagiasi - Rika Amalia Y.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pemasaran usaha bisnis kuralin bag kelompok usaha bersama darussalam craft di desa walur kecamatan krui selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak tiga orang dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisi data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan tri angulasi yaitu tri angulasi subjek, waktu dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama wujud pelaksanaan usaha bisnis kuralin bag yaitu dengan menggunakan kualiatas yang bagus seperti bahan jalin premium dan jalin kaca. Kedua strategi pemilihan lokasi yang digunakan sangat strategis untuk penjualan kuralin bag sendiri menggunakan media sosial. Ketiga tenaga pengelola kuralin bag adalah para ibu-ibu rumah tangga dan karyawan berjumlah 15 orang, dibantu oleh pihak dari luar yaitu pemerintah dan stake holder. Keempat harga kuralin bag berkisar dari harga Rp. 35.000 - Rp. 150. 000. Kelima cara pembagian hasil yaitu jika karyawan habis setor barang maka langsung digaji. Keenam macam-macam ukuran dan jenis tas kuralin yaitu s, m, l, xl, dan xxl. Sedangkan untuk jenisnya yaitu tas selempang, nyelimpok, laptop, bekal, kondangan, belanja, aksesoris, jalan-jalan, bakul dan dompet. Ketujuh proses penjualan kuralin bag yaitu dilakukan dengan cara promosi ke pelanggan atau konsumen dengan cara yang tidak memaksa. Kata kunci: pemasaran, kuralin bag, peberdayaan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: septi
Date Deposited: 28 Oct 2024 06:35
Last Modified: 28 Oct 2024 06:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23031

Actions (login required)

View Item View Item