PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SEDERHANA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK PADA KELOMPOK B DI PAUD AL FIKRI KOTA BENGKULU

Selenri, Ulandari and Riyanto, Riyanto and Delrefi, Delrefi (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SEDERHANA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK PADA KELOMPOK B DI PAUD AL FIKRI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1I020016 Selenri Ulandari_compressed - Selenri Ulandari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran pada anak usia dini memilki peranan yang sangat penting pada kegiatan belajar mengajar. Media pembelajaran yang sederhana dapat digunakan guru untuk memberikan kegiatan yang menyenangkan bagi anak terutama dalam belajar berhitung dan mengenal angka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran sederhana terhadap kemampuan berhitung anak pada kelompok B di PAUD Al Fikri Kota Bengkulu, desain penelitian yang digunakan Quasy Experimental Design dengan Posttest Only Group Design dan penelitian ini menggunakan instrumen tes lisan. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelas B 1 dan B 2. Dalam penelitian ini digunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pemilihan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara undian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan berhitung antara anak yang belajar dengan media tutup botol angka dan media stik angka pada kelompok B di PAUD Al Fikri Kota Bengkulu. Disarankan (1) kepada guru untuk menggembangkan dan menggunakan media ini sebagai media pembelajaran pada saat proses pembelajaran berlangsung dan (2) kepada peneliti selanjutnya menjadikan penelitian ini sebagai bahan acuan dan informasi untuk penelitian selanjutnya. Kata Kunci: Media Pembelajaran Sederhana, Kemampuan Berhitung

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 29 Oct 2024 01:12
Last Modified: 29 Oct 2024 01:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23035

Actions (login required)

View Item View Item