PENGARUH METODE FONIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK PADA KELOMPOK B PAUD AL-FIKRI KOTA BENGKULU

Hanni, Rahma Hidayati Hasbi and Riyanto, Riyanto and Mona, Ardina (2024) PENGARUH METODE FONIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK PADA KELOMPOK B PAUD AL-FIKRI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (skripsi)
Hanni Rahma Hidayati Hasbi_A1I020018 - Hanni Rahma Hidayati Hasbi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Metode Pembelajaran yang kurang menarik membuat anak mudah bosan. Masih banyak anak yang kurang mampu dalam membaca maupun mengenal huruf. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode fonik terhadap kemampuan membaca anak pada kelompok B. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah anak kelompok B di PAUD Al Fikri dengan jumlah 18 orang anak. Desain Quasi Experimental Design dengan menggunakan Posttest Only Group Design. Sampel penelitian ini adalah anak kelas B1 dan B2. Dalam penelitian ini digunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Independent Sample T-test menyatakan bahwa sig(2-Tailed) 0,004 artinya < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan membaca antara anak yang belajar dengan metode fonik dan metode konvesional kelompok B di PAUD Al Fikri. Disarankan (1) kepada guru untuk dapat mengembangkan dan menggunakan metode ini sebagai metode pembelajaran pada saat proses pembelajaran berlangsung dan (2) kepada peneliti selanjutnya dapat menjadikan sebagai bahan acuan dan informasi untuk penelitian selanjutnya. Kata kunci : Pengaruh, Metode fonik, Kemampuan Membaca Anak

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 29 Oct 2024 01:38
Last Modified: 29 Oct 2024 01:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23040

Actions (login required)

View Item View Item