PERBEDAAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELAS 1 DITINJAU DARI LATAR PENDIDIKAN TK DAN NON TK SEKECAMATAN BERMANI ILIR KABUPATEN KEPAHIANG

Tiara, Bima Agustin and Didik, Suryadi and Nesna, Agustriana (2024) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELAS 1 DITINJAU DARI LATAR PENDIDIKAN TK DAN NON TK SEKECAMATAN BERMANI ILIR KABUPATEN KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI A1I020062 UNIB - tiara bima agustin.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Terdapat fakta bahwa siswa kelas 1 SD berasal dari latar belakang pendidikan yang berbeda, yaitu ada yang berasal dari pendidikan TK dan ada tanpa melalui pendidikan TK. Perbedaan latar belakang pendidikan demikian diduga dapat menimbulkan perbedaan capaian hasil pembelajaran termasuk kemampuan berhitung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berhitung anak kelas 1 Sekolah Dasar latar pendidikan TK dan Non TK. Peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis komparatif kuantitatif metode komparatif atau perbandingan. Sampel berjumlah 46 orang anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan kemampuan berhitung anak kelas 1 antara anak yang melalui TK dan anak yang tidak melalui TK. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada orang tua yang tidak menyekolahkan anaknya ke lembaga pendidikan taman kanak-kanak sadar bahwa taman kanak-kanak itu penting untuk melatih anak dalam kemampuan berhitung. Kata Kunci : Kemampuan Berhitung, Latar Pendidikan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 29 Oct 2024 01:58
Last Modified: 29 Oct 2024 01:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23045

Actions (login required)

View Item View Item