MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN MEWARNAI DENGAN MENGGUNAKAN BERBAGAI UKURAN PENSIL DI TK FATMA KENANGA KOTA BENGKULU

Thesya, Meyka Apyony and Sri, Saparahayuningsih and Dwi, Lyna Sari (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN MEWARNAI DENGAN MENGGUNAKAN BERBAGAI UKURAN PENSIL DI TK FATMA KENANGA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
THESYA MEYKA APYONY (A1I019071) - Thesya Meyka Apyony.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan pembelajaran mewarnai dengan menggunakan berbagai ukuran pensil di TK Fatma Kenanga Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindak Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan dalam seminggu. Subjek penelitain ini adalah anak kelompok B usia 5-6 tahun berjumlah 12 anak, yang terdiri dari 5 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data yanng digunakan adalah observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata. Uji T-test dilakukan untuk membandingkan data hasil siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran mewarnai dengan menggunakan berbagai ukuran pensil dapat meningkatkan motorik halus anak dari siklus 1 dengan rata-rata 3,4 kategori cukup dan siklus 2 dengan rata-rata 4,4 kategori sangat baik. Disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk menggunakan media pembelajaran lainnya. Kata Kunci : mewarnai, motorik halus, media ukuran pensil

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 29 Oct 2024 02:42
Last Modified: 29 Oct 2024 02:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23055

Actions (login required)

View Item View Item