HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP LINGKUNGAN PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR DI FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BENGKULU

Ramadhan, Rizky and Ambarsarie, Riry and Nasution, Ahmad Azmi (2021) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP LINGKUNGAN PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR DI FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Naskah skripsi Rizky Ramadhan FKIK H1A014033 pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 2031.
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Mahasiswa yang memiliki motivasi belajar akan memperhatikan pelajaran yang disampaikan, membaca materi sehingga bisa memahaminya, dan menggunakan strategi-strategi belajar tertentu yang mendukung. Lingkungan pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan kualitas dan keberhasilan kurikulum pendidikan kedokteran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap lingkungan belajar dengan motivasi belajar pada mahasiswa di FKIK UNIB. Metode: Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan rancangan studi cross sectional. Sampel penelitian adalah 166 orang pada mahasiswa angkatan 2017, 2018, 2019 dan 2020 yang aktif mengikuti kuliah di FKIK UNIB. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportional�random sampling dengan menggunakan kuesioner Motivated Strategies of Learning Questionnaire/MSLQ dan juga kuisioner Dundee Ready Educational Environment Measure/DREEM. Analisis data menggunakan metode uji korelasi Rank Spearman dan uji Pearson Product Moment. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap lingkungan pembelajaran pada responden penelitian adalah baik (78,62%), dengan nilai skor (127/200), ini menunjukkan bahwa mahasiswa menganggap lingkungan pembelajaran di FKIK UNIB saat ini termasuk dosen, lingkungan sosial, proses pembelajaran, capaian akademik, dan suasana belajar, berada dalam lingkungan yang positif, dari total sub skala lingkungan pembelajaran di FKIK UNIB banyak positif dari pada negatif (131,38/200). Motivasi belajar Mahasiswa angkatan 2020 memiliki kategori belajar yang tinggi (90,5%). Hal ini juga terdpat pada angkatan 2018 dengan kategori motivasi tinggi (100%). Pada uji korelasi Rank Spearman dan Pearson Product Moment didapatkan adanya hubungan dari masing-masing angkatan (p<0,05). Kesimpulan: Terdapat hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap lingkungan pembelajaran dan motivasi belajar di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Bengkulu dengan hubungan korelasi sedang hingga tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty Of Medicine > Department Of Medical Science
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 18 Nov 2021 15:05
Last Modified: 18 Nov 2021 15:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23056

Actions (login required)

View Item View Item