EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PEMERINTAH DESA DALAM PEMBANGUNAN DESA ( Studi di Desa Sidodadi Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah )

Asterina, Dela Rilia and Roeliana, Loesida and Suratman, Suratman (2021) EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PEMERINTAH DESA DALAM PEMBANGUNAN DESA ( Studi di Desa Sidodadi Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah ). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI DELA RILIA ASTERINA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Komunikasi adalah proses penyampaian suatu pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu atau mengubah sikap, pendapat atau perilaku, baik langsung secara lisan maupun tak langsung melalui media. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Efektivitas Komunikasi Pemerintah Desa Dalam Pembangunan Desa di Desa Sidodadi Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pemilihan informan melalui teknik purposive sampling di dapatkan 11 orang informan dari perangkat desa Sidodadi Kacamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah dan 4 orang dari masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Aspek-aspek yang diteliti pada penelitian ini adalah ketepatan penerima pesan, ketepatan isi pesan, ketepatan waktu dan ketepatan media komunikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dilihat dari ketepatan penerima pesan, ketepatan penerima pesan adalah pembangunan yang direncanakan berbagai macam pembangunan dan Kades mengkomunikasikan rencana pembangunan desa dengan perangkat desa dan tokoh agama, sehingga dapat dikatakan bahwa aspek ketepatan penerima pesan sudah efektif. Aspek ketepatan isi pesan, cara Kades memusyawarahkan pembangunan desa dengan cara mengadakan musrenbang dan yang di musyawarahkan tidak sesuai dengan yang direncanakan, sehingga dapat dikatakan bahwa aspek ketepatan isi pesan belum efektif. Aspek ketepatan waktu, program pembangunan sudah terjadwalkan tetapi pelaksanaanya tidak sesuai dengan yang dijadwalkan, sehingga dapat dikatakan bahwa ketepatan waktu belum efektif. Aspek ketepatan media sosial, perangkat desa memberikan informasi pembangunan desa secara langsung dan sosial media, sehingga dapat dikatakan bahwa dari segi media sosial sudah efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 18 Nov 2021 15:06
Last Modified: 18 Nov 2021 15:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23063

Actions (login required)

View Item View Item