ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PEMBETULAN NAMA PADA AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BENGKULU

Afriana, Dina and Roeliana, Loesida and Nursanty, Nursanty (2021) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PEMBETULAN NAMA PADA AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI DINA AFRIANA WISUDA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Masih banyak terdapat kesalahan nama pemilik dalam Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang Kualitas Pelayanan Pembetulan nama pada Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemilihan Informan menggunakan teknik purposive sampling dan jumlah informan 7 orang. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif. Peneliti menggunakan aspek dimensi kualitas pelayanan publik berdasarkan Parasuraman (2001:48) yaitu 1. Tangibel ( Bukti fisik), 2. Reability (Kehandalan), 3. Responsiveness (Daya tanggap), 4. Assurance (Jaminan), 5.Emphaty (Empati). Hasil dari penelitian adalah 1) Pemenuhan bukti fisik, ketersediaan kelengkapan sudah sesuai dengan standar pelayanan namun untuk fasilitas yang tersedia masih kurang memadai dan kurang nyaman. 2) Kehandalan petugas dalam mengoperasikan kelengkapan sudah baik dan faham. Syarat-syarat pembetulan nama sudah sesuai dengan Standar Pelayanan yang tersedia namun, masih ditemukan dilapangan prosedur pelayanan yang dilalui tidak mengikuti alur yang tersedia. 3) Daya Tanggap yang diberikan petugas pelayanan cukup baik, cepat, tepat dan ramah, namun masih ditemukan dilapangan beberapa masyarakat yang dilayani secara tidak profesional. 4) Jangka waktu pelayanan belum sesuai dengan Standar Pelayanan Publik yang berlaku yaitu tiga hari sedangkan yang terlaksana dilapangan pada umumnya selesai satu minggu, biaya/tarif sudah sesuai dengan Undang-undang yang berlaku yaitu tidak ada pungutan atau gratis. 5) Masyarakat dilayani dengan baik dan sesuai motto Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu yaitu Salam, Senyum, Santun dan Berimbang Secara Prima. Namun masih ditemukan pemberi layanan yang tidak profesional terhadap masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 18 Nov 2021 15:06
Last Modified: 18 Nov 2021 15:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23064

Actions (login required)

View Item View Item