PARTISIPASI PEMILIH PADA PEMILIHAN UMUM PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN TAHUN 2019 (Studi Kasus di Desa Genting Juar Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma)

Endra, Febi and Kartika, Titiek and Nursanty, Nursanty (2021) PARTISIPASI PEMILIH PADA PEMILIHAN UMUM PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN TAHUN 2019 (Studi Kasus di Desa Genting Juar Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI FEBI ENDRA D1D016053.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Kesuksesan penyelenggaraan pemilihan sangat dipengaruhi oleh partisipasi masyarakat. Tingginya tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilihan mencerminkan tingginya kepedulian masyarakat dan rendahnya tingkat partisipasi mencerminkan masih rendahnya kepedulian dalam sebuah penyelenggaraan pemilihan. Skripsi ini berjudul Partisipasi Pemilih Pada Pemilihan Umum Presiden Dan Wakil Presiden Tahun 2019 (Studi Kasus Di Desa Genting Juar Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma). Tujuan penelitian ini adalah memberikan gambaran tentang fenomena partisipasi dibalik pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 di Desa Genting Juar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif untuk memberikan gambaran terhadap masalah penelitian. Aspek penelitian berpedoman pada teori Almon, dan Hutington dan Nelson yaitu pemberian suara, diskusi politik, mengikuti kampanye, membantu pemilihan dan mencari dukungan bagi salah satu pasangan calon. Hasil penelitian dilapangan menunjukan bahwa terdapat empat fenomena partisipasi pemilih dibalik penyelenggaraan pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2019 lalu, pertama berdiskusi politik dimana terdapat pembahasan mengenai figur dan visi misi dari pasangan calon, kedua mencari dukungan bagi salah satu pasangan calon yang dilakukan secara individual karena figur yang dimiliki oleh pasangan calon, ketiga membantu penyelenggaraan dimana masyarakat ikut serta dalam mencermati dan menyebarkan informasi yang ada di DPS dan DPT, dan keempat memberikan suara yang dilakukan oleh masyarakat sebagai pemilih dengan datang ke TPS tempat mereka terdaftar. Fenomena partisipasi dipengaruhi oleh lima faktor, pertama kandidat pasangan calon meliputi dengan figur dan visi, misi. Kedua, pekerjaan masyarakat desa mayoritas sebagai petani, buruh dan nelayan. Ketiga, waktu yang digunakan untuk berpartisipasi. Keempat, pengetahuan tentang politik dan pemilu yang masih kurang. Kelima, sikap apatis atau ketidakpedulian masyarakat terhadap penyelenggaraan pemilu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 18 Nov 2021 15:06
Last Modified: 30 Nov 2021 05:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23069

Actions (login required)

View Item View Item