PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV DI SD GUGUS V KOTA BENGKULU

FARAH, ATIKA MAHARANI and Herman, Lusa and Dalifa, Dalifa (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV DI SD GUGUS V KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (skripsi)
FARAH ATIKA MAHARANI_A1G020161 FIX_compressed - farahatika maharani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPAS kelas IV di SD Gugus V Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Desain dalam penelitian ini adalah The Matching Only Pretest�Postest Group Desaign. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus V yang berakreditasi B. Pengambilan sampel dengan teknik random sampling sehingga diperoleh kelas IV SD Negeri 27 Kota Bengkulu (kelompok eksperimen) dan kelas IV SD Negeri 13 Kota Bengkulu (kelompok kontrol). Uji coba instrumen dilakukan pada kelas V SD Negeri 27 Kota Bengkulu. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes yang berbentuk essay berjumlah 5 soal. Hasil perhitungan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen sebesar 87,89 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 76,15. Dari hasil perhitungan tersebut didapatkan adanya perlakuan yang berbeda antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa t hitung 4,022 > ttabel 1,697 dan Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Dikarenakan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ha diterima. Sehingga terdapat perbedaan perlakuan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS kelas IV di SD Gugus V Kota Bengkulu. Kata kunci : Model Pembelajaran STAD, Media Audio Visual, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 29 Oct 2024 04:03
Last Modified: 29 Oct 2024 04:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23070

Actions (login required)

View Item View Item