ANALISIS PENERAPAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEKOLAH DASAR DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VI SD NEGERI 17 KOTA BENGKULU

HELEN, SIANTURI and Nani, Yuliantini and Yusnia, Yusnia (2024) ANALISIS PENERAPAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEKOLAH DASAR DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VI SD NEGERI 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (skripsi)
HELEN SIANTURI_A1G020037_SKRIPSIdikompresi - Helen Sianturi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kompetensi pedaogogik guru sekolah dasar dalam melaksanakan pada pada pembelajaran matematika di kelas VI SD Negeri 17 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan melakukan pengumpulan data di lapangan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam melakukan uji kredibilitas yang digunakan yaitu triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik yang dimiliki guru kelas VI A dalam pelaksanaan pembelajaran matematika berdasarkan tujuh indikator sudah terlaksana, Guru dapat memahami karakteristik peserta didik, mampu menguasai teori belajar dan prinsip pembelajaran mendidik, melaksanakan pengembangan kurikulum, melaksanakan kegiatan pembelajaran yang mendidik, melakukan pengembangan potensi peserta didik dan melaksanakan evaluasi dan penilaian. Namun dari ketujuh indikator kompetensi pedagogik, ada satu indikator yang belum sepenuhnya terpenuhi yaitu indikator keempat kegiatan pembelajaran yang mendidik. Guru tidak memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran seperti infokus dan video-video pembelajaran dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Kompetensi Guru; Kompetensi Pedagogik; Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 29 Oct 2024 04:40
Last Modified: 29 Oct 2024 04:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23076

Actions (login required)

View Item View Item